Selasa, 05 Februari 2019

Yoyoh Yusroh, Ngefans Deh Sama Beliau!

Saya punya buku tentang Yoyoh Yusroh dan juga pernah pinjem bukunya Mbak Hesti. Pertama kali kenal almarhumah Yoyoh Yusroh ketika baca tulisan seseorang di tumblr. Habis baca, langsung ngefans berat! Beliau hafidzah (beliau memelihara Al-Quran dan tetap menghafalkan sampai meninggal pun tidak pasti apakah beliau sudah hafal 30 juz atau belum), menjadi anggota DPR RI, anaknya jumlahnya 13 dan sholeh-sholehah semua, kalau di mobil beliau hobinya baca Al-Quran.
Beliau pemurah banget. Jarang marah. Sama pembantu dan sekitarnya baik banget. Suka mengasihi para janda. Sering mengucapkan salam pada tanaman melati di depan rumahnya, jadinya si melati tumbuh subur dan bunga- bunganya bermekaran. Meskipun beliau sangat sibuk menjadi anggota DPR RI, beliau tetap memerhatikan anak- anaknya. Bahkan salah satu anaknya berkeinginan menjadi anggota DPR RI juga karena melihat ummi-nya yang sering membaca Al-Quran.
“Aku mau jadi anggota DPR. Biar kayak ummi, bisa baca Al-Quran terus, “ begitu kata salah satu anak perempuan beliau.
Kalau lagi ada waktu di sela-sela acaranya, beliau dan suami saling simak hafalan. Beliau dan suami nikah muda. Beliau mencari suami yang juga mencintai dakwah. Menikahnya bertujuan untuk beribadah kepada Allah. Beliau dan suami sebelumnya nggak saling kenal.
Beliau pernah berkata, “Di rumah kami, kata-kata penghakiman, hujatan, sesalan, atau cemoohan diharamkan.”
“Ummi senang anak-anaknya berprestasi, tetapi Ummi lebih senang anak-anaknya shaleh-shalehah.”
Pas hamil, janinnya didengarkan bacaan Al-Quran. Beliau kalau bangunin anaknya puasa dengan lembut, dicium, nggak pake nyipratin air ke muka atau pake cara kasar. Jadi deh anak-anaknya usia 3,5 tahun senang puasa. Beliau juga menanamkan agar anak-anaknya mencintai Allah dan mencintai Nabi, bukan mengidolakan Ayah dan Ibu mereka yang bisa saja khilaf. Serta anak-anaknya dididik agar mencintai para pejuang Islam.
Yoyoh dan suami benar-benar inovatif. Yang biasanya kalo lagi sama anak-anak ngajarinnya CI-LUK-BA diganti A-BA-TA biar anak-anaknya kenalan sama huruf hijaiyah dari kecil. Beiau juga yang biasanya bangunin sholat shubuh para pembantunya. Kalau pintu kamar pembantunya diketuk dan mereka belum keluar, beliau bakal nungguin mereka keluar dan sholat shubuh berjamaah.
Beliau meninggal karena kecelakan dan saat meninggal beliau tersenyum. Masyaallah... Banyak banget pelajaran yang bisa kita ambil dari beliau. Yoyoh Yusroh, salah satu wanita inspiratif di hidup saya. Semoga kita bisa meneruskan perjuangan beliau dan menjadi wanita seperti beliau J Karena dari rahim seorang muslimah akan lahir pejuang- pejuang Islam di masa depan. Allah sudah mengisyaratkan, di akhir zaman nanti, Islam kan jaya. Kita mau jadi apa? Penonton atau kontributor? Pejuang atau yang melarikan diri? Kejayaan Islam pasti datang. Siapkan diri, siapkan generasi terbaik kita untuk menyambutnya. Bismillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar