Selasa, 05 Februari 2019

Cerita di Alam Akhirat

Suatu hari seorang gadis mendengar cerita tentang keadaan alam akhirat. Ada seseorang yang berseru kepada Tuhannya, “Ya Allah, dulu ketika di dunia, dia sering men- dzalimi saya, dia sering bikin saya sakit hati, dia berbohong pada saya dan tidak menepati janjinya. Dia juga hutang kepada saya sebesar ini.”
Cerita ini berlanjut dengan Allah mengambil semua kebaikannya dan diberikan kepada orang yang ter-dzalimi tadi hingga dirinya tak memiliki kebaikan lagi. Setelah kebaikannya habis, dosa orang yang di-dzaliminya ditimpakan kepadanya. Dan dimasukkanlah dia ke neraka.
Begitu cerita itu selesai dibacakan, gadis itu langsung beristighfar. Dirinya tak luput dari salah dan dosa. Pasti ada kelakuan yang entah itu langsung atau tidak langsung telah menyakiti hati orang-orang di sekitarnya. Dan ia pun juga pernah disakiti, pernah dihutangi.
“Ya Allah, jika nanti di akhirat aku tiba-tiba teringat kesalahan teman-temanku padaku, teringat hutang-hutang mereka, tolong ingatkan aku bahwa di dunia aku sudah memaafkan mereka sebelum mereka meminta maaf dan aku sudah menganggap hutang mereka lunas. Aku tak ingin mempersulit keadaan mereka di akhirat, Ya Allah. Tetap jaga hatiku agar meskipun di akhirat nanti orang-orang meminta pertanggungjawaban atas kesalahanku, mengambil seluruh amal baikku, tolong jaga hatiku supaya aku tidak menyalahkan orang lain atas apa yang aku alami. Di dunia ini, aku sudah memaafkan dan mengikhlaskan segalanya, Ya Allah.”
Gadis itu tak mau menjadi beban orang lain di akhirat. Karena Allah sudah menuliskan di Al-Quran bahwa orang- orang akan menyalahkan satu sama lain. Dan dia tidak mau menyalahkan siapa-siapa meskipun nanti di akhirat orang- orang menyalahkannya. Semoga Allah menyelamatkan kita dari kesusahan di hari pembalasan. Mudah bagi Allah menutup semua aib kita. Mudah bagi Allah menghapus dosa kita, meskipun dosa kita sebanyak buih di lautan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar